Holding Perkebunan Nusantara Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Expo UMKM PTPN I
SEMARANG — Dalam rangka menyemarakkan ajang Banaran Trail Run 2025, PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) yang
merupakan bagian dari Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero),
menggelar Expo UMKM PTPN I di Kampoeng Kopi Banaran, Semarang, pada 1 November
2025.
Kegiatan ini menjadi wadah bagi para pelaku Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan PTPN I untuk memamerkan produk
unggulan, memperluas jaringan bisnis, sekaligus meningkatkan daya saing menuju
kemandirian ekonomi nasional.
“Expo UMKM ini merupakan ajang pameran produk
unggulan mitra binaan PTPN I dari berbagai regional. Pada kesempatan kali ini,
kami memprioritaskan mitra binaan dari Regional 2, Regional 3, dan Regional 5,”
ujar Dinar Arafah, Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan dan TJSL PTPN I.
Dinar menambahkan, kegiatan expo dan bazar ini
diharapkan tidak hanya menjadi sarana promosi, tetapi juga ruang kolaborasi antar
pelaku usaha dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder).
Meningkatkan
Kapasitas dan Kemandirian UMKM
Selain pameran dan bazar, kegiatan ini juga
dirangkaikan dengan pelatihan peningkatan kapasitas usaha bertema “Mendorong
UMKM Naik Kelas Menuju Kemandirian Ekonomi Nasional”, yang dilaksanakan pada
Jumat, 31 Oktober 2025.
Pelatihan menghadirkan pakar ekonomi dan praktisi pemberdayaan ekonomi lokal
sebagai upaya memperkuat daya saing dan kapasitas bisnis para pelaku UMKM
binaan.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PTPN I,
Teddy Yunirman Danas, menegaskan pentingnya peran UMKM dalam menopang
perekonomian nasional. “UMKM berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi
Indonesia. Jumlahnya mencapai 99,9 persen dari total unit usaha nasional, sedangkan
usaha besar hanya sekitar 0,01 persen,” ujar Teddy.
Ia menambahkan, kontribusi UMKM terhadap Produk
Domestik Bruto (PDB) mencapai 60,5 persen, sekaligus menjadi tulang punggung
penyerapan tenaga kerja nasional. “Menariknya, mayoritas pelaku UMKM adalah
perempuan. Berdasarkan data Kemenkop UKM tahun 2020, sekitar 60 persen UMKM
dikelola oleh perempuan. Karena itu, kami memandang pendampingan UMKM binaan
PTPN I sangat strategis. Program ini kami jalankan secara konsisten sebagai
bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan,” imbuhnya.
Dampak
Nyata bagi Mitra Binaan
Salah satu peserta expo, Indah Damayanti, mitra
binaan PTPN I dari Regional 3, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan
perusahaan. “Melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh PTPN I, saya mulai
memahami pentingnya memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi. Ini membantu
saya mengelola bisnis dengan lebih profesional,” tuturnya.
Indah menambahkan, sebelumnya ia hanya
berpartisipasi dalam bazar lokal di sekitar Ambarawa dan Semarang. Namun berkat
Expo UMKM PTPN I, kini produknya mulai dikenal hingga ke berbagai daerah di
Indonesia. “Kegiatan ini membuka peluang besar untuk memperluas pasar dan
memperkenalkan produk kami ke masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.
Melalui Expo UMKM ini, Holding Perkebunan Nusantara
PTPN III (Persero) melalui PTPN I menegaskan komitmennya dalam mendorong
pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Inisiatif ini sejalan dengan arah kebijakan
BUMN untuk menciptakan nilai tambah ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan
bagi masyarakat.
“PTPN I berkomitmen menjadi bagian dari solusi
nasional dalam memperkuat fondasi ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Kami ingin
memastikan bahwa pertumbuhan bisnis perusahaan juga memberikan manfaat langsung
bagi masyarakat,” tutup Teddy Yunirman Danas.
Keterangan Lebih Lanjut:
Holding Perkebunan Nusantara
PT Perkebunan Nusantara III
(Persero)
Telp: +6221 29183300
Ponsel: +6281370835057
email :
sekretariat@holding-perkebunan.com

Comments
Post a Comment